Minggu, 07 Oktober 2012

Tugas Softskill Minggu ke-1 (Pengertian Etika, Hedonisme dan Egoisme)


NAMA           : INNE NUR HAMZAH
NPM              : 23209110
KELAS          : 4 EB 19

1.      Sebutkan beberapa pengertian etika minimal 3 dan siapa yang mengeluarkan teori tersebut ?
Jawab :
-          Drs. O.P. Simorangkir
Etika atau etik sebagai pandangan manusia dalam berperilaku menurut ukuran dan nilai yang baik.
-          Drs. Sidi Gajalba dalam sistematika filsafat
Etika adalah teori tentang tingkah laku perbuatan manusia dipandang dari segi baik dan buruk, sejauh yang dapat ditentukan oleh akal.
-          Drs. H. Burhanudin Salam
Etika adalah cabang filsafat yang berbicara mengenai nilai norma dan moral yang menentukan perilaku manusia dalam hidupnya
.
-          Rosita noer
Etika adalah ajaran (normatif) dan pengetahuan (positif) tentang yang baik dan yang buruk, menjadi tuntutan untuk mewujudkan kehidupan yang lebih baik.
-          Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia: etika adalah nilai mengenai benar dan salah yang dianut suatu golongan atau masyarakat.


2.      Apa pendapat anda tentang hedonisme dan apa bedanya dengan egoisme ?
Jawab :
·      Hedonisme adalah pandangan hidup yang menganggap bahwa orang akan menjadi bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan sedapat mungkin menghindari perasaan-perasaan yang menyakitkan. Hedonisme merupakan ajaran atau pandangan bahwa kesenangan atau kenikmatan merupakan tujuan hidup dan tindakan manusia.
·      Egoisme merupakan motivasi untuk mempertahankan dan meningkatkan pandangan yang hanya menguntungkan diri sendiri. Egoisme berarti menempatkan diri di tengah satu tujuan serta tidak peduli dengan penderitaan orang lain, termasuk yang dicintainya atau yang dianggap sebagai teman dekat. Istilah lainnya adalah "egois". Lawan dari egoisme adalah altruisme.

Menurut pendapat saya untuk sifat hedonisme ini sangat baik untuk di terapkan dalam kehidupan sehari-hari karena orang akan mencari kebahagiaan sebanyak mingkin dan agar dapat menghindari perasaan yang menyakitkan. Sedangkan untuk sifat egoisme sangat tidak baik untuk diterapkan karena hanya mementingkan diri sendiri dan tidak memperdulikan orang lain atau yang di sekitarnya.

SUMBER :
http://id.wikipedia.org/wiki/Egoisme

Tidak ada komentar:

Posting Komentar